Saturday, 4 February 2017

Pengertian Gelombang Mekanik dan Macam-macam Gelombang

Pengertian Gelombang Mekanik
Sebuah gelombang mekanik adalah gelombang yang tidak mungkin ditransmisikan melalui media vakum. Gelombang mekanik memerlukan media untuk mentransmisikan energi dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Gelombang bunyi, gelombang air dan tali adalah contoh dari gelombang mekanik. Gelombang mekanik dapat dibedakan menjadi dua kelompok utama, yaitu: gelombang longitudinal dan gelombang transversal.
contoh gelombang longitudinal: gelombang bunyi
Pengertian gelombang mekanik dan macam-macamnya
sumber: teemstersblogforscience.blogspot.com

Macam-macam Gelombang 
Gelombang longitudinal adalah gelombang yang partikel-partikelnya yang berada di dalam medium bergerak pada arah yang searah (paralel) dengan arah rambat gelombang. Sebagai contoh, pegas ketika berosilasi bolak-balik pada pada salah satu ujungnya, gelombang longitudinal menjalar sepanjang pegas. Gelombang tersebut terdiri atas rapatan dan regangan.
macam-macam gelombang
sumber: pinterest

Gelombang transversal adalah gelombang yang partikel-partikelnya yang berada di dalam suatu medium bergerak pada arah yang tegak lurus dengan arah rambat gelombang (perpendikular). Sebagai contoh, tali ketika berosilasi bolak-balik pada salah satu ujungnya, gelombang transversal menjalar sepanjang tali; gangguan bergerak sepanjang tali tetapi partikel pada tali bergetar ke arah sudut kanan dari arah rambat gelombang. Gelombang pada tali yang bergetar adalah gelombang transversal. Contoh gelombang transversal adalah gelombang elektromagnetik.
loading...

SHARE THIS

Author:

1 comment: