Wednesday, 11 January 2017

Sel Surya atau Sel Photovoltaic dan Macam-macam Pemanfaatannya di Lapangan

Sel surya atau sel photovoltaic (PV) merupakan sebuah perangkat semikonduktor yang terdiri dari komponen utama berupa dioda p-n junction yang memiliki kemampuan mengubah energi radiasi matahari menjadi energi listrik yang berguna berupa arus searah (dc, direct current). Teknologi sel surya (PV) menggunakan sel semikonduktor (berupa wafer) yang berukuran hanya beberapa sentimeter persegi. Pada dasarnya, semikonduktor pada sistem PV adalah mirip dengan suatu area dioda p-n junction yang terletak pada posisi mendekati permukaan bagian atas dari modul surya.

Sel Surya atau Sel Photovoltaic dan Macam-macam Pemanfaatannya: Solar irradiance
sumber: giss.nasa.gov


Umumnya, pemanfaatan sistem PV dibagi menjadi tiga macam yaitu system yang terhubung pada jaringan (on-grid), sistem yang berdiri sendiri (off-grid) dan sistem hibrid. Pemanfaatan PV pada sistem yang terhubung jaringan biasanya dibangun pada wilayah yang terdapat jaringan distribusi listrik (misalnya PLN). Pemanfaatan PV pada sistem yang berdiri sendiri umumnya dibangun pada wilayah yang jauh dari jaringan distribusi listrik, misalnya daerah pelosok atau pedalaman. Kelemahan dari sistem yang berdiri sendiri adalah kebutuhan energi tidak dapat terpenuhi untuk sepanjang tahun, pada musim penghujan misalnya sistem PV tidak akan mampu mensuplai kebutuhan energi sama sekali, karena sistem PV merupakan sistem yang bergantung pada cuaca. Pemanfaatan sistem PV hibrida adalah pemanfaatan PV yang digabungkan dengan jenis pembangkit lain, misalnya Diesel, atau mikrohidro dan jenis pembangkit lainnya.

Sel Surya atau Sel Photovoltaic dan Macam-macam Pemanfaatannya di Lapangan: Solar panel
sumber: mrsolar.com



Penggunaan sistem PV di lapangan kadang dikopel dengan baterai, namun kadang langsung digunakan atau kopel langsung. Baterai berfungsi untuk menyimpan sementara energi listrik hasil konversi oleh sel surya. Pada sistem PV yang dikopel dengan baterai, kebutuhan energi pada malam hari masih dapat dipenuhi meskipun tidak ada radiasi matahari hal ini tentu lebih menguntungkan jika dibandingkan sistem PV kopel langsung. Kerugian pada sistem yang dikopel dengan baterai adalah memerlukan rangkaian tambahan dan tentu memerlukan biaya lebih. 
loading...

SHARE THIS

Author:

0 komentar: