Monday, 30 January 2017

Perbedaan Modulasi Amplitudo (AM) dengan Modulasi Frekuensi (FM)

Modulasi Amplitudo (AM) merupakan suatu proses modulasi yang menghasilkan amplitudo gelombang pembawa (carrier wave) berubah sesuai dengan bentuk gelombang informasi yang telah disisipkan. 
Perbedaan Modulasi Amplitudo (AM) dengan Modulasi Frekuensi (FM)
sumber:http://newlinecode.blogspot.co.id

Sinyal informasi yang akan dibawa dinamakan sinyal modulasi sedangkan gelombang radio yang membawanya disebut sinyal pembawa. Pada umumnya sinyal pembawa memiliki frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan sinyal modulasi. Kelebihan dari modulasi AM adalah:
-          Dapat menempuh jarak yang lebih jauh karena dapat dipantulkan oleh lapisan ionosfer.
-        Dapat dibagi menjadi dua bentuk gelombang yang berbeda, yaitu MW (Medium Wave) dan SW (Short Wave).
Sedangkan untuk kekurangannya, modulasi AM mudah terpengaruh oleh derau (noise) apabila terjadi gangguan oleh cuaca, sehingga kualitas yang dihasilkan tidaklah jernih.
Modulasi Frekuensi (FM) merupakan proses modulasi yang menghasilkan gelombang dengan frekuensi sinyal pembawa tetap pada frekuensinya namun mengikuti pola frekuensi sinyal modulasi. Jadi terlihat bahwa modulasi frekuensi akan mengubah parameter frekuensi pada gelombang radio namun amplitudo gelombangnya adalah tetap. Kelebihan dari modulasi frekuensi adalah kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih karena transmisi gelombang tidak terganggu oleh keadaan atmosfer. Sedangkan kekurangannya adalah jarak jangkaunya tidak lebih jauh daripada gelombang AM. Hal ini dikarenakan pita frekuensinya berada pada kelas VHF (Very High Frequency) yang perambatannya tidak dapat mencapai jarak yang lebih jauh. Sifat perambatan dari gelombang FM yang lurus menyebabkan gelombang FM akan mudah terhalang oleh adanya suatu bangunan tinggi atau gunung tinggi
Perbedaan Modulasi Amplitudo (AM) dengan Modulasi Frekuensi (FM)
sumber: http://newlinecode.blogspot.co.id

loading...

SHARE THIS

Author:

1 comment:

  1. jd keinget pelajaran waktu SD kls 6 klo g salah hehe

    ReplyDelete