Sunday, 1 January 2017

Apa Saja Perbedaan LPG, CNG dan LNG

Beberapa istilah yang ditemui ketika kita berbicara tentang energi berupa gas, istilah tersebut berupa singkatan dari bahasa Inggris yaitu: LPG, CNG, dan LNG. LPG adalah singkatan dari Liquefied Petroleum Gas, CNG adalah Compressed Natural Gas dan LNG adalah Liquefied Natural Gas. Dari sekedar istilah tentu belum terlalu menjabarkan apa sebenarnya perbedaan dari ketiganya. Berikut ini penjelasan lebih tentang perbedaan dari ketiga istilah tersebut.

sumber: chee-sys.blogspot.com


LPG: merupakan hasil sampingan dari pengolahan gas alam yang komponennya terdiri dari berbagai senyawa hidrokarbon yang komposisinya tidak menentu. Hidrokarbon tersebut antara lain adalah propana dan butana. Tipe gas inilah yang paling sering dijumpai di masyarakat Indonesia, biasa digunaka untuk memasak dan disimpan dalam tabung yang sering disebut tabung lemon. Sesuai dengan namanya gas ini disimpan dalam tabung berupa cairan, namun akan berubah menjadi gas seketika keluar dari tabung atau berada pada suhu dan tekanan normal. Perbedaan lainny dengan gas alam adalah LPG dengan komponen utama berupa propana dan butana yang memiliki atom C (karbon) lebih dari satu, memiliki massa yang lebih besar dibanding udara. Kondisi ini menjadikan LPG memiliki risiko ledakan yang lebih tinggi karena cenderung mengendap di dasar, apalagi jika diletakkan di ruang tertutup di lantai dasar. Kelebihannya adalah sifatnya yang lebih mudah disimpan dan didistribusikan sehingga lebih ekonomis.

CNG: Komponen penyusun utama CNG adalah gas alam dengan senyawa hidrokarbon utamanya adalah C1 atau metana. Berbeda dengan CNG dan LPG, gas ini meski berada pada tekanan yang dikompres (tekanan tinggi), namun wujudnya masih dalam gas. Jika dibandingkan dengan LNG, CNG lebih mudah dan murah dalam infrastrukturnya. Hanya saja CNG lebih boros dalam masalah tempat, hal ini menyebabkan CNG tidak cocok untuk distribusi jarak jauh, untuk massa yang sama, CNG memerlukan volume ruang hingga 200 kali bahkan lebih dari volume LNG. Dan karena wujudnya yang masih berupa gas, kepadatan energi dari CNG adalah lebih rendah jika dibandingkan dengan LNG.

LNG: Komponen utama penyusun utamanya sama dengan CNG yaitu metana. LNG disimpan dalam bentuk cair pada temperatur kriogenik, hal ini menyebabkan LNG memerlukan investasi nfrastruktur yang mahal dan terintegrasi karena harus diubah menjadi gas lewat fasilitas regasifikasi agar bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Keuntungan LNG adalah lebih menguntungkan untuk didistribusikan pada jarak jauh, untuk ekspor impor yang melintasi samudra misalnya.


referensi

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/12/01/102616526/Apa.bedanya.LPG.LNG.dan.CNG.

http://www.hargen.co.id/news/2014/05/perbedaan-lpg-lng-dan-cng
loading...

SHARE THIS

Author:

1 comment: