Wednesday, 21 December 2016

Definisi Penyakit dan Apa saja Macam-Macamnya

Seringkali kita menggunakan suatu istilah atau kosakata, namun kita tak tahu apa definisi dari kosakata yang digunakan tersebut. Padahal ketika ingin membahas lebih mendalam tentang suatu bahasan diperlukan sebuah persepsi awal yang sama, sehingga satu sama lain dapat mengerti batas-batas topik yang ingin didalami. Tentang persepsi ini diibaratkan dengan arah kiblat bagi orang Indonesia misalnya, Indonesia dan kiblat umat Islam terletak pada jarak yang jauh hingga ribuan kilometer, kesalahan beberapa derajat arah kiblat bagi orang muslim Indonesia tentu jika ditarik garis lurus mungkin bisa melenceng hingga puluhan atau ratusan kilometer pun dari kota Mekkah (terlepas dari kaidah fiqih).

 Salah satu kosakata yang sering ditemui adalah penyakit yang mungkin sebagian orang akan segera terpikir dengan segala hal berbau medis. Penyakit atau dalam bahasa Arab disebut al-Maradh, secara etimologis merupakan keadaan di luar tabiat dan sangat berbahaya, hal ini juga dikaitkan dengan dampak dari munculnya penyakit yakni ‘rasa sakit’. Secara terminologis, menurut DR. Khoeruddin, kata al-Maradh adalah kondisi tidak normal yang menimpa tubuh keseluruhan atau sebagian yang menyebabkan timbulnya berbagai indikasi atau tanda-tanda gejala penyakit.

sumber gambar: hepatologi.org

Dalam buku berjudul “Menyembuhkan Penyakit Jiwa dan Fisik” karya Dr. Ahmad Husain Salim, membagi tiga macam penyakit yang kemudian dibahas lebih mendalam pada dua bab yang berbeda di bukunya, tiga macam penyakit itu adalah: Penyakit psikologis, penyakit maknawi dan penyakit fisik.

Penyakit psikologis, menurut ahli jiwa adalah Abdul ‘Ali al-Idrisi adalah penyakit yang menimpa seseorang yang indikasinya dapat diketahui dari perilakunya yang tidak normal. Beberapa hal yang mempengaruhi penyakit ini antara lain adalah karena adanya pengaruh-pengaruh eksternal seperti rasa takut, ragu-ragu, kerinduan, tidak ada kepuasan seksual, kepayahan dan sebagainya.
Secara tekstual belum ditemukan istilah tentang penyakit maknawi, berkaitan dengan hal ini, merujuk dari pendapat para mufasir yaitu menunjukkan suatu hati yang kosong dari penjagaan, taufik, pemeliharaan dan dukungan dan sebagian yang lain memberikan arti berupa hal-hal yang menodai diri seperti marah, lupa, akidah yang buruk, dan hasad serta menghalangi tubuh dari kelezatan sehingga menyebabkan kepada kerusakan rohani.
Penyakit fisik berhubungan dengan bagian materi dari manusia, yaitu fisiknya yang bisa diraba. Penyakit ini dapat mengahalangi aktivitas isi perutnya atau organnya atau inderanya. Jenis penyakit ini banyak ragamnya

Ref

“Menyembuhkan Penyakit Jiwa dan Fisik”. Dr. Ahmad Husain Salim. Gema Insani Press. 2006
loading...

SHARE THIS

Author:

0 komentar: