Tuesday, 27 December 2016

Bahaya Rokok Mengancam Generasi

Tentu sudah tidak asing lagi, di beberapa kawasan publik kita mendengar tulisan dilarang merokok. Tetapi faktanya data yang belum lama beredar menyebutkan bahwa sebanyak 31,89% anak Indonesia berusia lima hingga tujuh belas tahun tercatat sebagai peroko aktif yang mengkonsumsi rokok hingga 70 batang dalam seminggu. Data ini sungguh fantastis dan sebenarnya tak heran karena kebijakan tentang peredaran dan harga jualnya yang terjangkau. Padahal jika kita menengok berbagai kajian tentang bahaya rokok, terdapat berbagai ancaman bagi generasi muda ini.

Sebut saja bahaya rokok itu mulai dari kandungan racunnya yang beragam seperti gas karbonmonoksida yang akan mengikat lebih kuat pada hemoglobin darah ketimbang oksigen, berikutnya tar yang juga terdapat pada asap rokok mengandung 4000 jenis senyawa beracun diantaranya adalah toluen aceton dan kobalt. Tar yang terhisap akan mengendap dan mengganggu fungsi rambut pada lapisan permukaan paru-paru. 

Dan masih banyak lagi berbagai macam kandungan zat berbahaya pada rokok, yang kesemuanya berdampak pada turunnya kinerja tubuh dan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut antara lain adalah penyakit jantung, paru-paru, menurunkan kesuburan reproduksi, meningkatkan risiko kanker, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

sumber: http://cdnimage.terbitsport.com
Jadi bisa dibyangkan seperti apa generasi mendatang negeri ini jika kesadaran masyarakatnya dan regulasi yang berlaku tetap sama seperti sekarang?? data jumlah 31,89% bukanlah jumlah yang sedikit.

referensi
http://rimanews.com/gayahidup/kesehatan/read/20161222/311325/31-persen-anak-Indonesia-merokok-70-batang-per-minggu

http://www.alodokter.com/segudang-bahaya-merokok-terhadap-tubuh

http://halosehat.com/farmasi/kimia/bahaya-tar-rokok
loading...

SHARE THIS

Author:

1 comment:

  1. saya juga paling sebel kalo liat anak anak udah pada rokok aja -_- apalagi kalo di tempat umum --

    ReplyDelete