Sunday, 27 November 2016

Sinar Matahari sebagai Penguat Rangka

Sinar ultraviolet yang bersumber dari matahari sering di stigma negatif sebagai jenis sinar yang berbahaya. Namun, sinar ultraviolet-dekat (frekuensinys dekat dengan cahaya tampak) justru sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Sinar ultraviolet-dekat tersebut diperlukan untuk pembentukan vitamin D pada manusia dan hewan. Cukup dengan waktu 30-60 menit: tangan, wajah, kaki (tanpa perlu membuka bagian tubuh yang memang harus tertutupi) terpapar oleh sinar matahari adalah setara dengan minum ribuan unit vitamin D. Lama durasi paparan sinar ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh warna ras kulit. Selain itu, efek yang dimaksud sebelumnya hanya akan didapat jika terpapar cahaya langsung, bukan karena perantara kaca dan sebagainya.

Direkomendasikan sinar matahari yang optimal adalah sekitar pukul 7 sampai 9 pagi dan sore pukul 15 hingga 17, namun lebih utama adalah pada pagi hari. Selain pada jam tersebut kadar ultraviolet bisa terlalu tinggi dan memiliki efek negatif atau bisa juga kadarnya terlalu rendah.

vitamin D sinar matahari
sumber: promote.fmi.if


Penguat rangka adalah salah satu manfaat sinar matahari, berbagai manfaat lain yakni: pengobatan gangguan tidur, penguatan sistem ketahanan tubuh, penurun kadar kolesterol, manajemen nyeri dan luka dll. Jadi kenapa masih enggan melakukan aktivitas di luar ruangan, Setiap apa yang ada di alam telh diatur secara seimbang dan bersyukur Indonesia berada di negara khatulistiwa yang sepanjang tahun peroleh manfaat dari sinar matahari.


Ref:
Egha Zainur Ramadhani. Sehat dan Bugar Berobat dengan Alam. Pro-U Media

loading...

SHARE THIS

Author:

0 komentar: