Saturday, 15 October 2016

Optimasi Pembakaran: Pengendalian Udara Berlebih

Pembakaran merupakan oksidasi cepat dari bahan bakar yang disertai dengan produksi kalor, atau kalor dengan cahaya. Pembakaran sempurna dari bahan bakar dapat terjadi hanya jika adanya pasokan oksigen yang cukup. Proses pembakaran dengan jumlah udara yang optimal dapat meminimalkan kehilangan kalor yang diakibatkan karena adanya gas buang. Efisiensi pembakaran dapat diukur berdasarkan seberapa besar nilai kalori bahan bakar yang ditransfer menjadi panas yang berguna untuk memanaskan air menjadi uap. Indikator utama pada efisiensi pembakaran adalah berupa kandungan atau komposisi gas buang. Faktanya, ketepatan jumlah stoikiometri kebutuhan udara yang sesuai dengan sejumlah bahan bakar tidaklah menjamin karbon bereaksi sempurna dengan oksigen. Kondisi pembakaran yang ideal adalah tidak ada, meski jumlah udara sudah ideal, namun karena adanya kandungan atau fisik bahan bakar yang mampu menghambat reaksi, maka keberadaan udara berlebih diperlukan untuk menjamin pembakaran sempurna.


Tingginya biaya bahan bakar dan semakin ketatnya regulasi emisi gas buang tentunya meningkatkan kesadaran untuk menjaga efisiensi sistem. Pada proses pembakaran, efisiensi sistem dapat dijaga dengan cara mengendalikan sejumlah udara berlebih. Pengendalian udara ditujukan agar tercapainya rasio kg udara/kg bahan bakar yang optimal. Efisiensi pembakaran akan meningkat dengan meningkatnya jumlah udara berlebih hingga kehilangan kalor lebih besar dari panas yang berguna. Kebutuhan udara berlebih untuk beberapa jenis bahan bakar untuk mencapai efisiensi tertinggi adalah sebagai berikut.
Proses pembakaran: udara berlebih1
sumber: engineeringtoolbox.com

Sedangkan hubungan antara udara berlebih dengan %komposisi karbondioksida dan oksigen serta %kehilangan panas pada gas buang adalah sebagai berikut
Proses pembakaran: udara berlebih
sumber: engineeringtoolbox.com

Referensi

Peralatan Termal: Bahan Bakar dan Pembakaran. Pedoman Efisiensi Energi untuk Industri di Asia–www.energyefficiencyasia.org UNEP.

Combustion Efficiency Ana Excess Air: Optimizing a boilers efficiency is important do minimize del consumption and unwanted excess to the environment. Engineering ToolBox -www.engineeringtoolbox.com.


Session 1 Combustion and Optimisation in coal fired tersedia di
http://www.eecpowerindia.com/codelibrary/ckeditor/ckfinder/userfiles/files/Session%201%20Comb
ustion%20and%20Optimisation%20in%20coal%20fired%20boilers_KBP_17_09_2013.pdf
loading...

SHARE THIS

Author:

0 komentar: